PSSI, Surat AFC Perkuat Klaim PSSI Terkait Hasil Meeting JC ~ Zahiya Design

PSSI, Surat AFC Perkuat Klaim PSSI Terkait Hasil Meeting JC

Pernyataan PSSI mengenai hasil meeting Joint Committee di Kuala Lumpur, Malaysia, 20 September lalu mendapat penguatan dari AFC. Hal ini termuat dalam surat yang dikirimkan Federasi Sepak Bola Asia itu ke PSSI.
Dalam surat yang dialamatkan ke Sekretaris Jenderal PSSI, Halim Mahfudz, AFC menulis beberapa poin hasil kesepakatan dalam rapat, yang dihadiri Alex Soosay, Tengku Abdullah dan James Johnson itu. Ada empat poin yang menjadi isi dari kesepakatan JC, menurut AFC. Poin-poin tersebut adalah:

  1. ISL dan IPL akan tetap berjalan di musim depan. Dua-duanya akan sama-sama berada di bawah kendali PSSI. AFC sepakat bahwa di musim 2014, dua liga tersebut akan melebur. Sementara, mereka berharap baik IPL maupun ISL akan berganti nama di musim 2013 mendatang.
  2. Kedua belah pihak, PSSI dan KPSI akan sama-sama mengirimkan dua orang wakil untuk membahas revisi Statuta PSSI dan membahas status keanggotaan untuk menjadi dasar peserta kongres mendatang.
  3. AFC sepakat bahwa keempat anggota Komite Eksekutif, yang dipecat, akan dipulihkan statusnya. Sekjen PSSI diharap mengambil langkah yang diperlukan untuk proses ini.
  4. AFC sepakat, kongres PSSI mendatang akan dilakukan sebelum 2012 berakhir. Agenda kongres akan disepakati terlebih dahulu oleh AFC dan FIFA.
  5. AFC menegaskan bahwa pengelolaan Timnas Indonesia HANYA merupakan kewenangan PSSI. JC hanya bertugas untuk melakukan mediasi dan harmonisasi terkait pemanggilan pemain dari klub-klub bersangkutan.
Lebih lanjut, dalam surat yang ditandatangani Sekjen AFC, Alex Soosay ini, otoritas tertinggi sepak bola Asia ini menyebutkan bahwa mereka akan melaporkan hasil pertemuan JC ke FIFA. Mereka menjadwalkan melaporkan hal ini pada pertemuan Komite Asosiasi FIFA, 24 September 2012 mendatang.Lihat salinan surat dari AFC di sini dan di sini. (den/row)

Tidak ada komentar: